Hidup Adalah Sebuah Perjuangan

Hidup ini adalah perjuangan. Perjuangan untuk mengendalikan diri menuju sukses. banyak ujian yang akan kita hadapi untuk meraih cita-cita kita bahagia dunia dan akhirat. Syetan dan hawa nafsu terus mencoba untuk memalingkan kita dari jalan yang benar.
Oleh karena itu diperlukan keteguhan dan kesitiqamahan dalam menghadapi ujian tersebut. Diperlukan konsistensi yang sungguh-sungguh. Saat kita berusaha untuk melejitkan potensi kita. Saat kita berusaha untuk menghasilkan karya-karya besar kita yang bermanfaat untuk manusia dan diri kita. Kita bisa saja diserang oleh perasaan malas, lemah semangat dan keinginan untuk berada pada zona nyaman. Maka diperlukan perjuangan untuk mengatasinya
Kita harus kuat dan tangguh. Kita harus sungguh-sungguh berusaha. Jangan biarkan diri kita terjerat dalam lingkaran perbuatan yang sia-sia. Jadikan hidup dan hari anda sebagai maha karya. Lakukan sesuatu yang bermanfaat dalam hidup anda. Hidup ini hanya sekali, maka hiduplah yang berarti
Ketika kita mencari mutiara kehidupan yang akan membahagiakan dan menyukseskan kita, maka mutiara itu sesungguhnya ada di dasar hati kita. Ketika kita mencari intan permata, maka intan permata itu ada dalam pikiran kita. Ketika kita mencari emas maka emas itu ada dalam jiwa kita. Ketika kita mencari bahagia dan ketenangan maka ketenangan itu ada dalam sujud, dzikir dan tunduk kita kepada Allah
Perbuatan salah, sia-sia dan dosa hanya akan menggelisahkan hati dan jiwa kita. Menghilangkan akal sehat kita. Memandulkan potensi kita. Mematikan nurani kita. Maka jangan biarkan hatimu berada dalama kelalaian dan kehampaan. Isilah jiwamu dengan kebaikan. Galilah potensi dahsyat dalam hati dan pikiranmu untuk menghasilkan karya nyata yang berguna bagi dirimu dan manusia seluruhnya.
Jangan sia-siakan potensi dahsyat yang telah diberikan Tuhan Allah swt kepadamu. Latihlah potensi itu, asahlah potensi itu, bangunlah potensi itu dengan bertindak dan bekerja, serta tidak lupa berdoa dan selalu ingat Allah, maka dirimu akan bangun dari kelalaian dan kealfaan, kesenangan sesaat, menuju kebahagiaan abadi dalam karya nyata, prestasi, ibadah dan amal kebaikan yang berguna dunia dan akhirat.
Jangan perturutkan kesenangan sesaat, tapi mengakibatkan penderitaan yang lama, dan terhambatnya kebahagiaan sejati yang kau inginkan. Tahanlah dirimu, lakukan perbuatan berguna walaupun menderita dan berkorban, demi meraih kebahagiaan yang sejati dan lama.
Berjuanglah dengan sungguh-sungguh menaklukan diri dan hawa nafsumu. Taklukan ego dan emosimu yang buruk. Taklukan kemalasan, kelalaian, dan kealfaan. Isilah kegiatan dan waktumu yang sangat berharga itu dengan aktivitas yang bermanfaat. Maka hari dan hidupmu akan cerah dan bermakna. Jangan biarkan hari dan hatimu kosong dari ilmu, iman dan amal nyata. Karena jika begitu syetan dan pengikutnya akan mudah masuk menggerogoti hatimu, imanmu dan ilmumu, sehingga kau akan kehilangan jati diri dan potensimua yang sebenarnya.
Maka berbuatlah hari ini. Saat ini juga. Bekerjalah, berkaryalah. Berjuanglah untuk meraih kesuksesan dunia dan akhirat. Temukan jalanmu yang sebenarnya. Panggilan hati dan nuranimu. Bekerjalah dengan sepenuh hati dan potensimu. Layanilah orang lain. Dan bertekadlah untuk melakukan yang terbaik, belajar yang terbaik dan memberikan yang terbaik bagi diri, keluarga, organisasi, agama, bangsa dan Negara. Insya Allah hidupmu akan bermakna dengan perjuangan. Itulah dia, Hidup adalah perjuangan.