Sifat Diri Kita Sebagai Sang Khalik (Manusia )

Mata kadang salah melihat,
Telinga kadang salah mendengar
Mulut kadang salah berucap
Kaki kadang salah melangkah
Dan hati kadang salah pula untuk menduga

Sedikit adalah sifat dari makhluk Sang Khalik(manusia). Manusia diangkat kesempurnaannya oleh Allah SWT dengan kesempurnaan yang tidak dimiliki makhluk makhluk lain ciptaanNYA, yakni kesempurnaan berupa akal (pikir) & nafsu.
Dengan akal & nafsu itu, maka manusia adalah makhluk sebagai tempat berkumpulnya PAHALA & tempat berkumpulnya DOSA. Bila akal & nafsu manusia digunakan untuk berhaluan ke kiri, maka dosa dosa yang akan dikumpulkan selama di dunia ini. Sebaliknya, bila akal & nafsu manusia digunakan untuk berhaluan ke kanan maka pahala akan berkumpul kepadanya.
Mata, telinga, mulut, kaki, dan hati kita kadang salah dalam mengartikan tentang semua cobaan, ujian, nikmat & karunia yang telah diberi NYA. sehingga bilamana ada nikmat yang diberi kita lupa akan bersyukur kepada NYA. Sebaliknya, bilamana ujian yang kita terima, kita terburu buru berpikiran bahwa Allah SWT tak sayang kepada kita.
Manusia lebih suka mencari kesalahan, kekurangan orang lain tanpa bisa berpikir bahwa dirinyalah yang harus berkaca, melihat potret jati diri yang ada.
Wallahu'alam Bishowab